9 PEMBELIAN TERBAIK SIR ALEX FERGUSON SELAMA MELATIH KLUB SETAN MERAH

Apakah anda tahu deretan pembelian terbaik pelatih legendaris Sir Alex Ferguson selama melatih klub Manchester United? SAF sendiri sudah memberikan banyak gelar bagi klub tercintanya diantaranya 13 gelar Premier Liga Inggris dan masih banyak lagi, namun kesemua gelar tersebut tak lepas dari dedikasi anak didiknya selama ini.

Kita sudah tahu sejak masa kepelatihannya selama 27 tahun di Setan Merah, ia telah berhasil melahirkan banyak pemain sepakbola berkelas di dunia mulai dari binaan asli akademi Manchester United hingga mendatangkan pemain berbakat. Untuk urusan akademi MU, sudah tidak diragukan lagi kualitasnya karena banyak nama-nama legenda sepakbola sudah lahir dari sana, namun bagaimana perihal mendatangkan pemain berbakat melalui jendela transfer?

Didalam artikel ini saya telah membuat 9 daftar pembelian terbaik Sir Alex Ferguson selama melatih klub MU, diantaranya adalah :

– 1. Peter Schmeichel, didatangkan dari Brondby senilai £ 750.000

Akhirnya pembelian terbaik Sir Alex Ferguson selama 27 tahun melatih Manchester United jatuh pada kiper legendaris, Peter Schmeichel. Kiper ini didatangkan dari Brondy senilai £ 750.000 pada tahun 1990. Peter Schmeichel menghabiskan waktu 8 tahun membela MU dan membuat 262 penampilan.

Atas dedikasinya selama ini, ia dilantik ke dalam English Football Hall of Fame. Schemichel menjabat kapten saat MU berhasil memenangkan Liga Champions pada tahun 1999 dan merupakan bagian tim inti yang memenangkan treble.

– 2. Eric Cantona, didatangkan dari Leeds senilai £ 1,2 juta

Lupakan kasusnya karena melayangkan tendangan kungfu kepada salah seorang fans Crystal Palace, di balik kasus itu Eric Cantona adalah pemain terbaik Manchester United yang pernah direkrut Sir Alex Ferguson. Striker yang didatangkan dari Leeds United dengan bayaran £ 1,2 juta mampu menyihir para fans Setan Merah dengan kemampuan menjebol gawang lawan yang sangat menakutkan. Selama 5 tahun tinggal di Old Trafford, ia berhasil mencetak 64 gol dalam 143 penampilan dan memberikan 4 gelar Liga Premier.

– 3. Cristiano Ronaldo, didatangkan dari Sporting Lisbon senilai £ 12,25 juta

Mendatangkan CR7 ke Old Trafford adalah keputusan terbaik Sir Alex dan di bawah asuhannya, sosok CR7 berubah menjadi gelandang serang paling mematikan di dunia. Semenjak Becks (sebutan David Beckham) hijrah ke Real Madrid, sosok CR7 lah yang menggantikan sang legenda di mata para fans MU.

 border=

Cristiano Ronaldo didatangkan dari Sporting Lisbon dengan biaya transfer senilai £ 12,25 juta pada tahun 2003, sungguh sebuah harga yang mahal untuk anak seumuran 18 tahun di masa itu. CR7 membantu Manchester United memenangkan Liga Champions pada tahun 2008. Pada tahun 2009, CR7 memutuskan untuk bergabung ke Real Madrid yang memecahkan rekor nilai transfer dunia sebesar £ 80 juta.

– 4. Denis Irwin, didatangkan dari Oldham senilai £ 625.000

Dennis Irwin adalah pemain yang dibeli Sir Alex Ferguson dari Oldham senilai £ 625.000 pada tahun 1990, ia menghabiskan waktu selama 12 tahun membela klub MU sebelum memutuskan untuk pindah ke Wolvehampton. Walaupun posisinya bek, ia berhasil mencetak 22 gol untuk Setan Merah. Dengan kinerja dan loyalitasnya selama di MU, maka tidak ada keraguan untuk dirinya dan memasukkannya ke dalam 10 daftar pembelian terbaik Sir Alex Ferguson.

– 5. Roy Keane, didatangkan dari Nottingham Forest senilai £ 3,75 juta

Tidak bisa dipungkiri lagi, Roy Keane adalah salah satu pembelian terbaik Sir Alex Ferguson. Gelandang tengah yang didatangkan dari Nottingham Forest pada tahun 1993 ini selalu bermain baik di posisinya dan ia juga membantu Setan Merah memenangkan gelar treble pada tahun 1999. Selama 12 tahun berkarir di Olf Trafford, namanya menjadi legenda bagi para fans Manchester United. Pada tahun 2005, ia bergabung ke Celtic dan setahun kemudian ia memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola.

– 6. Steve Bruce, didatangkan dari Norwich senilai £ 825.000

Steve Bruce dianggap sebagai salah satu pemain Inggris terbaik di era 1980-an hingga 90-an. Uniknya ia tidak pernah mendapatkan tempat untuk membela timnas Inggris di level Internasional. Steve Bruce akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Manchester United pada tahun 1987.

– 7. Edwin Van der Sar, didatangkan dari Fulham senilai £ 2 juta

Kiper veteran yang memutuskan untuk bergabung dengan Manchester United pada tahun 2005 diusianya yang ke 34 ini berhasil menorehkan sejumlah catatan terbaik yang akhirnya membuat Sir Alex Ferguson naksir berat. Selama musim 2008/09, ia berhasil membuat sejumlah rekor dunia sepakbola salah satunya adalah dengan clean sheet tidak kebobolan selama 1.311 menit. Ia menghuni klub Setan Merah selama 6 tahun dan merupakan salah satu pembelian terbaik Sir Alex Ferguson.

– 8. Nemanja Vidic, didatangkan dari Spartak Moscow senilai £ 7 juta

Pemain sepakbola berkebangsaan Serbia yang sekarang bermain di klub Inter Milan ini adalah salah satu pembelian terbaik Sir Alex Ferguson. Saat Vidic memutuskan untuk hijrah ke Theatre of Dreams dari Spartak Moskow ia belum menemukan peforma terbaiknya; namun di tangan Sir Alex, ia berhasil menjelma menjadi sosok bek terbaik di Liga Premier. Setelah SAF pensiun, Vidic memutuskan untuk pindah ke Inter Milan karena menurutnya tidak ada pelatih sebaik SAF.

– 9. Robin Van Persie, didatangkan dari Arsenal senilai £ 22,5 juta

Robin Van Persie adalah salah satu daftar pembelian pemain terbaik Sir Alex Ferguson. Ia berhasil membujuk Van Persie untuk pindah dari Arsenal pada tahun 2012 dan ternyata terbukti keputusan tersebut membuahkan hal yang manis. Pada musim pertama di MU, RVP berhasil mempersembahkan gelar ke-13 Liga Premier Inggris dan sukses mencetak 46 gol untuk klub Setan Merah. Bersama Robin Van Persie, Manchester United menjadi raja di Liga Premier Inggris.